Rabu, 27 Februari 2019

Angin pd primming pump


HILANGKAN MASUK ANGIN SAAT STATER MOBIL PANTHER TUA (1992)

  Berawal mau berangkat kerja.5menit perkiraan sudah ada di tempat kerja.Nyatanya terlalu jauh dari perkiraan.Sungguh tiada duga.Beberapa kali coba cekikikik…..,cekikikik…,cekikikik…….cekikikik…..,cekikikik…...,Akhirnya jalan terakhir, mau gak mau ya tenaga 1piring sarapan terkuras untuk mendorong,dan 1…2….3….huungg…huuunggg,terima kasih ya…… Tunggu pulang kerja untuk cari solusinya.
   Apa ya kiranya kok jadi rewel gini.biasanya maksimal coba hanya 3kali sudah huuung…, Huffh.Ayo sudah pulang kerja,tempat parkir agak menurun.Coba 3 x.tidak bisa langsung lepas handrem.Tanpa transit.Dan matikan mesin,buka kap depan,eksekusi dan minta segelas kopi dan pabila anda perokok,merokok lah,hanya biar tenang saja,tidak tergesa-gesa.
  Salah satu ini mungkin bisa atasi masalah tersebut.

 -Masuk angin

Masuk angin, adalah kondisi dimana ada udara yang masuk ke dalam saluran bahan bakar mesin diesel. Biasanya, udara ini masuk saat proses penggantian filter solar.

Yang jadi masalah, udara itu bisa dikompressi. Sehingga ketika pompa bahan solar bekerja, tekanan yang dihasilkan hanya untuk mengkompress udara.

Sehingga di ujung injector, tekanan bahan bakar menjadi drop.

Inilah yang membuat solar tidak keluar dari dalam injector yang menyebabkan mesin tidak kunjung hidup saat  proses start.

Solusinya, adalah dengan melakukan bleeding.



 




  1. Bleeding, adalah langkah pembuangan udara dari dalam saluran bahan bakar dengan cara memompa solar secara manual agar udara tersebut bergerak ke ujung injector.


Sehingga, ketika mesin dihidupkan udara tersebut langsung keluar sata pertama kali injektor terbuka.

Caranya untuk bleeding, anda bisa mencari letak filter solar mobil anda. Biasanya diatas cover filter terdapat primming pump yang bisa anda tekan-tekan untuk memomoa solar secara manual.

Atau kalau pada mesin diesel common rail, anda hanya perlu putar kunci kontak ke posisi ON, lalu kembali ke OFF dan lakukan secara berulang-ulang. Ini akan memaksa pompa solar elektrik untuk memompa solar lebih banyak ke saluran.

Kalau pun itu semua masih belum bisa membantu.Coba cek sekali lagi.Mungkin ada bagian yang terlewat semisal klem slang pada pompa ada yang longgar atau baut OFR pompa manual yang longgar(pengalaman yang tak terlupakan).Demikian semoga bisa bantu anda yang mengalami hal sama seperti yang saya alami.
Bye.!!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar